Free Sakura Cursors at www.totallyfreecursors.com
) Rizkiyah Syarif

Minggu, 16 Desember 2012

Ulang Tahun Ke-16 (Tahun 2010)

Tanggal 18 September 2010, umurku genap menjadi 16 tahun. Rasanya tidak ada yang istimewa di hari itu. Seperti ultah-ultah sebelumnya, cuma dapat ucapan dan do'a dari teman-teman di sekolah, lewat sms, juga social network saja. Tapi pernah juga dirayakan sama mama dua kali, yang pertama kelas 4 SD, hari itu bertepatan dengan pesta pernikahan omku, yang kedua kalo tidak salah kelas 5 SD pas lagi ngetren tuh yang sepatu roda buat anak cewe, hari itu dikasih surprise gituan, hehe. Masa SMP gak pernah dirayakan lagi, tapi sahabat-sahabatku gak pernah lupa ngasih kado di hari itu :)
*kok malah

Senin, 10 Desember 2012

Kim Nam Gil - Can't I Love You (Saranghamyeon Andoeni)

Sejak munculnya K-Drama QSD (Queen Seondeok) saya jadi suka banget sama Kim Nam Gil a.k.a Bidam.
Ini adalah salah satu ost favorit saya dari semua soundtrack K-Drama, hehehe. Setelah dengar lagu ini, saya jadi semakin kagum deh, Kim Nam Gil emang multi talent :D
Sumpah deh, liriknya nyentuh banget, kadang nangis kalo dengerin pas suasana hati sama kayak di lagu ini *plakk!! curcol*

apado nan apeun jul molla
oji annneun neol gidaryeodo
geuriumi himgyeowo hwicheonggeoryeodo nan himdeun jul molla
neol nae ane dun geu nalbuteo
maeumeul nanwo sseul jul moreugo
dachigo meongdeureodo sirin gaseumeul dadeul juldo molla
sseulsseulhan sesange nareul salge hago
utge haneun geon neo hanappuninde
saranghamyeon andoeni naege omyeon andoeni
han beonman han beonman anabomyeon andoeni
nae jeonbureul da georeo gatgo sipeun sarami isseo
naemam badajumyeon andoeni
jidokhan oeroum geu sogedo naega sumeul swineun geon
da neo ttaemuninde
saranghamyeon andoeni naege omyeon andoeni
hanbeonman hanbeonman anabomyeon andoeni
nae jeonbureul da georeo gatgo sipeun sarami isseo
cheoeumija majimageuro
saneun dongan nae pume dora ol su eobseodo
naega ne gaseume jiwojyeo beoryeodo
saranghamyeon andoeni neoui dwieseorado
meolliseo meolliseo barabomyeon andoeni
neoui geurimjarado nan jikyeojul su itdamyeon
geurae geugeorado gwaenchanha honja saranghaedo gwaenchanha

 Terjemahan
Even it is so painful, I can’t feel it
Even I’m waiting for you and you wouldn’t come
Even I think of you with shaking so badly, I can’t feel it
Since the day I put your heart in my mind
I can’t put my heart else where
Even if it hurts and breaks my heart apart, I won’t close my heart
I am who was living in a lonely world
You’re the only one who can make me smile
Can’t I love you? Can you come to me?
Just for once, can you hug me in you arms?
You’re the only one I love
Can’t you accept my heart?
The reason why I’m still breathing in this terrible loneliness
It’s all because of you
Can’t I love you? Can you come to me?
Once again, can you hug me in your arms?
You’re the only one I love
For the first time and last time
Even you’re alive, you can’t be held in my arms
Even you throw my heart away from your mind
Can’t I love you? Even if I’m just behind your back
Distantly, I just can look at you from afar
Even if I just can protect your shadow
Even like this, it’s alright.. even only I love you, it’s okay

Rabu, 21 November 2012

Pakaian Adat Perempuan Bugis-Makassar

Tulolona Sulawesi
Malabbiri memang tongi
Tulolona Sulawesi

Mabbaji ampe mabbaji ampe
Alusu' ri pangadakang

Tulolona Sulawesi..
Tulolona Sulawesi..

Malabbiri memang tongi
Tulolona sulawesi
Mabbaju bodo mabbaju bodo
Nakingking lipa' sabbena..
Itulah sepenggal lirik dari lagu "Tulolonna Sulawesi" yang menggambarkan tentang gadis Sulawesi (Bugis-Makassar) yang mengenakan baju bodo dan lipa' sa'be serta perangainya yang baik.
1. Baju Bodo
Baju bodo adalah pakaian tradisional suku Bugis dan Makassar, dan dikenal sebagai salah satu busana tertua di dunia. Bodo artinya pendek, jadi bisa diartikan bahwa baju bodo adalah baju pendek. Dinamakan baju bodo atau baju pendek karena panjangnya hanya mencapai sedikit di bawah pinggang.
Bentuk sebenarnya dari baju bodo ini adalah segiempat dan minim jahitan. Hanya sisi kiri dan kanan yang mendapat jahitan dengan menyisakan sedikit lubang di bagian atas masing-masing sebagai tempat lengan. Sedangkan di bagian tengah atas terdapat lubang yang berbentuk runcing pada bagian bawah sebagai kerah, letaknya sejajar dengan lubang tempat lengan. Jadi ketika digunakan, maka bagian belakang baju bodo akan terlihat sedikit mengembang.

Konon dahulu kala, pemakaian baju bodo tidak dilakukan sembarangan, ada aturan tertentu dalam penggunaannya yang menunjukkan tingkat usia perempuan yang mengenakannya.
1. Warna jingga, dipakai oleh perempuan umur 10 tahun.
2. Warna jingga dan merah darah digunakan oleh perempuan umur 10-14 tahun.
3. Warna merah darah untuk umur 17-25 tahun.
4. Warna putih digunakan oleh para inang dan dukun.
5. Warna hijau diperuntukkan bagi puteri bangsawan.
6. Warna ungu dipakai oleh para janda.

Tapi, pada saat ini tentu saja aturan itu sudah tidak berlaku lagi. Seiring perkembangan zaman, baju bodo yang dulunya kerap digunakan sebagai pakaian pesta pada resepsi pernikahan, kini semakin tersisihkan dengan munculnya model-model baju bodo yang sudah dimodifikasi bentuknya, juga kebaya modern yang dianggap modis dan sesuai trend.
Baju bodo kini hanya digunakan oleh mempelai wanita pada resepsi pernikahan, pasappi' (pendamping mempelai), pagar ayu, juga penari-penari tradisional saat perlombaan atau menyambut tamu kehormatan.

2. Lipa' Sa'be
Lipa' sa'be adalah sarung sutra yang sering digunakan sebagai bawahan baju bodo. Motif yang sering digunakan adalah kotak-kotak dengan corak warna-warni cerah, dan tentunya agar terlihat lebih indah, pemakai pakaian adat ini biasanya memadupadankan warna antara baju bodo dan lipa' sa'be.
Lipa' sa'be digunakan layaknya menggunakan sarung. Untuk membantu agar tidak melorot, pemakai biasanya menggunakan tali atau ikat pinggang. Salah satu ujungnya dibiarkan menjuntai dan dipegang oleh tangan sebagai aksen pemanis. Khusus untuk penari, saat menggunakan lipa' sa'be biasanya diberi aksen lipit di sisi badan, atau ujung sarung diletakkan di bagian punggung dan dibentuk menyerupai kipas.

3. Aksesoris
Dalam tradisi pakaian adat Bugis-Makassar juga dikenal pemakaian aksesoris sebagai pelengkap dari baju bodo dan lipa' sa'be. Bila jaman dulu aksesoris terbuat dari emas, di jaman sekarang berupa sepuhan warna keemasan. Beberapa aksesoris yang digunakan adalah gelang panjang, kalung, anting panjang, bando berbentuk kembang goyang, hiasan konde, adapula yang sering menambahkan bunga sebagai penghias di rambut.

Selasa, 20 November 2012

My First Post

Assalamu Alaikum..
Alhamdulillah, blognya sudah jadi meskipun sempat agak bingung tadi bikinnya.
Sebenarnya sudah lama mau buat blog, tapi ga pernah sempat, hehehe.
Ini adalah postingan pertamaku :)